Tips Langkah Pertama Proses Branding
“A product is built in a factory, A brand is built in trust and relationship”
Branding adalah aset kasat mata yang timbul dari hubungan antara target market dengan produk/servis Anda. Brand biasanya didefinisikan dari ekspektasi target market terhadap benefit yang didapat dari waktu ke waktu melalui komunikasi yang Anda sampaikan dan juga interaksi dengan produk/servis Anda. Branding biasanya menimbulkan asosiasi emosional yang sulit untuk direplikasi. Ketika secara emosional seseorang sudah terikat dengan brand tertentu, lebih sulit untuk brand lain datang dan menggantikan brand lama secara emosional.
Untuk dapat meningkatkan branding, Anda perlu memiliki yang disebut brand promise, biasanya disebut juga sebagai unique selling proposition. Ada 4 hal yang penting ketika membuat brand promise.
- Tentukan brand promise. Anda bisa memulainya dari apa hal terbaik yang Anda tawarkan atau dapat lakukan. Apa yang diharapkan konsumen dari produk/servis Anda.
- Komunikasikan brand promise. Brand promise akan menjadi bagian utama dalam komunikasi marketing Anda. Membuat strategi beriklan dan menggunakan kreatif yang sesuai menjadi kunci, dan ini harus dikomunikasikan lintas media yang Anda gunakan
- Pegang teguh brand promise. Anda harus memastikan apa yang Anda janjikan memang dapat dilakukan oleh produk/servis Anda.
- Perkuat brand promise.
Keempat langkah ini menjadi dasar untuk mulai membangun brand, membangun ikatan emosional yang tidak terlihat dengan konsumen Anda. Dengan langkah dasar ini, Anda dapat membangun nama, personality brand, karakter dan juga reputasi brand Anda.